Berawal dari keinginan untuk mengabdikan ketrampilan profesi dan memenuhi kebutuhan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang baik dan terjangkau, maka berdirilah sebuah klinik PBS (Praktek Bidan Swasta) dengan SIP Bidan Nomor : KP.01.01.2.82.637, tanggal 5 Juli 1999.

Pada Januari 2008 PBS mengalami pertumbuhan positif dan berkembang menjadi Rumah Bersalin berkapasitas 15 TT dengan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Nomor : 445.7/01/T/3466-Dinkes/2008.

Pada tahun 2013, seiring dengan pertumbuhan penduduk dan pemekaran wilayah, kebutuhan pelayanan kesehatan makin meluas. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh PT Insan Permata untuk meningkatkan kontribusi dengan mengembangkan status Rumah Bersalin menjadi Rumah Sakit Ibu & Anak yang menyediakan pelayanan Rawat Inap khusus Ibu dan Anak dengan kapasitas 26 TT yang kemudian pada tahun 2015 berkembang menjadi 59 TT berdasarkan Ijin Operasional No. 445/Kep.134 – HUK/2015 dengan Status Kelas C.

Dalam upaya turut berperan serta dalam program peningkatan kesehatan masyarakat PT Insan Permata melihat bahwa rumah sakit ini dapat lebih meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih luas dan terjangkau oleh masyarakat dengan menjadi RSU.

Berdasarkan SK Walikota No.445/Kep.186_Huk/6 Juni 2017, RSIA Insan Permata meningkatkan status pelayanan menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) yang dilengkapi dengan sarana penunjang kesehatan yang memadai seperti Rawat Inap sebanyak 85 TT, Instalasi Gawat Darurat (IGD), 13 Poli Spesialis, Instalasi Rawat Jalan dan sarana penunjang lainnya seperti Instalasi Farmasi, HCU, ICU, Perinatologi dan NICU.

Dengan dukungan Anda kami berusaha keras agar masyarakat dengan seluruh strata perekonomiannya dapat terpenuhi kebutuhannya akan layanan kesehatan, dengan harga yang relatif terjangkau tanpa mengesampingkan aspek-aspek professional dan keahlian kami yang bisa dipertanggung jawabkan.